Selasa, 18 Maret 2014

Dari uang jajan bisa buat modal Wirausaha Lampu Hias atau Decorative Lights

     Berwirausaha tak akan ada habisnya, kita berinovasi. Seperti kita mengkonsumsi makanan sehari - hari, ingin sekali makan dengan menu yang tidak monoton selalu sama terus. Pasti ada kalanya sesorang itu merasakan kebosanan jika selalu mendapatkan jatah makan dengan menu yang selalu sama setiap harinya. Sehingga jika kita membuka wirausaha yang memiliki jenis barang dagang tanpa expired. Perlu adanya kita mengganti model agar para konsumen kita tidak bosan akan produk kita. Selain kita berinovasi, maka kita juga beradaptasi dengan lingkungan sekitar. 

     Pertam jika kita berinovasi, harusnya kita kalo bisa sudah mempunyai produk pertama kita yang sudah dipasarkan ke masyarakat. Agar masyarakat banyak tahu bahwa kita berjualan sebuah produk contohnya niih. Produk Lampu Hias atau Lampu Tidur usaha ini pertama kita mendirikan saya Satria Pinandita bersama adik kelas saya  Catur Trimunandar serta adik kandung saya Devita Diatri.

     Modal pertama kita dapatkan dengan iuran per orang Rp.100.000,00. Pertama kita melakukan sebuah research membuat uji coba try error, tentang produk kita. Kita juga menguji bagaimana Keawetanya, Tahan Lama, Tahan Banting, Berapa hari produksi hingga hasil jadi sebuah produk layak jual. Pengujian dilakukan sekitar 2 minggu. 

     Kemudian kita melakukan survey harga alat dan bahan yang dibutuhkan, untuk pertama buka sebuah usaha, jangan lupa cari harga barang yang paling murah. Walaupun berbeda toko dan hanya selisih Rp.200,00 itu juga dihitungkan. Bayar parkir seribu rupiah juga diperhitungkan sebagai pengeluaran. Kadang2 sih kita gak bayar parkir, motor diparkirkan dekat masjid dan kita jalan ke tokonya. Maklum mahasiswa pengiritan banget hehe...

     Awal kita berwirausaha sebuah bola lampu dengan dihiasi kain flanel terbuat dari gulungan benang. berikut adalah contoh lampu yang pernah kita produksi sebelumnya.

 Naah ini kartu nama SWEET BALL

 Produk versi natal dan tahun baru pertama kita





    
      Itu dia adalah hasil produk kami selama 4 bulan, dengan omset penjualannya 50 bola lampu dengan harga pertama kita menawarkan Rp.45.000,00 dengan alasan karena dalam pasaran produk ini sudah meraba kea area semarang dengan harga pasaran Rp.50.000,00. Kita kasaranya pertama merusak harga pasaran dengan menawarkan pertama lebih murah dari yang lain. Walaupun kita merusak harga pasaran, namun itu adalah langkah bagus kita masuk kedunia wirausaha. Mengapa begitu?? Berikut alasannya...

     Jika harga pasaran Rp.50.000,00, dan jika kita menjual produk dengan harga sama atau harga lebih mahal pasti akan dianggap sama oleh konsumen. Sehingga kita juga dapat nama produk kita bisa dikenal masyarakat sekitar. Setelah masyarakat mengetahui dimana belinya dan pemesan menjadi banyak menumpuk, kita juga tidak dapat menaikan harga secara langsung dikarenakan nanti para calon pembeli akan lari dan tidak akan beli produk kita lagi. 

    Biasanya kalo harga mau naik itu, kita naikan saat pergantian bulan. Saat pergantian bulan kita juga harus menawarkan diskon atau potongan harga kepada pembeli. Agar para calon pembeli dan SPG yang kita rekrut mereka juga pastinya akan memiliki target penjualan. Ooh iya tadi belum cerita, bahwa kita jualan bertiga juga dibantu oleh SPG atau SPB yang mendaftar untuk jadi agent distributtor lampu SWEET BALL. Harga bola lampu dinaikan dengan harga Rp.50.000,00 per lampu, dan tawaran discount yang kita berikan. yaitu jika dengan pembelian minimal 1lusin bola lampu SWEET BALL. akan mendapatkan uang cash back sebesar Rp.60.000,00 dengan kata lain kita masih sama berjualan dengan harga Rp.45.000,00, namun jika ada partai besar baru kita memberikan harga awal. Karena dari hitungan produksi, kita hanya satu kali pengerjaan saja. Jadi apabila kita naikan Rp.50.000,00 kita juga cucuk atau impas dari biaya produksi Rp.5.000,00 kita bisa simpan menjadi penambahan keuntungan sendiri.

     Ternyata dari selama 4 bulan kita berjualan banyak adik kelas yang berminat untuk ikut menjadi pekerja dan menanam saham dari usaha lampu SWEET BALL. Singkat cerita sudah ada penambahan 4 orang investor atau penanam saham ditempat kita.
     
    Namun setelah kita berproduksi ramai orang ternyata tidak efisien karena lebih bersifat individual. Selalu ijir (Kalau teman lain disuruh beli benang, malas2an) jadi produksi tidak maksimal dan produksi menurun kualitasnya. Itupun juga menjadi akibat nilai kuliah pun turun karena asik berwirausaha jadi IPK anjlok. Sehingga untuk sementara ini SWEET BALL Vaccum istirahat sejenak.

     Dari pengalaman berjualan dengan banyak pemilik saham pun malah menjadi berantakan, maka Saya Satria, dan adik Kandung saya Devita. Memulai lagi bisnis lampu Hias dan Lampu Tidur dengan beranggotakan 2 orang saja. Produk lampu yang kita pasarkan juga berbeda dari sebelumnya, untuk pengerjaanya pun cukup sederhana hanya membutuhkan waktu 30 menit per lampunya. Kalo produk lampu SWEET BALL kita butuh 4 hari untuk memproduksi per lampunya. Sekarang jauh lebih cepat, dan produk lampu ini bisa berwujud "Foto Berwarna" ataupun "Tulisan". Produk ini terbuat dari tabung kaca, dan tahan akan air, tapi kalo jatuh juga pecah hehe...Hati-hati aja bawanya hehe...
     Naah ini dia produk baru kita namanya SWEET GLASS, karena bentuknya seperti gelas kaca jadi namanya seperti itu. Ukuran atau dimensi lampu ini dengan bentuk silinder tinggi 20 cm dan berdiameter 7.5 cm. Terbuat dari Kaca tabung. dengan berdaya lampu 5 Watt. Itupun sudah lebih dari cukup untuk menerangi kamar tidur anda.
     Biasanya sih kalo orang pesan dengan lampu SWEET GLASS ini orang lebih cenderung memesan foto bersama pacarnya ataupun untuk Gift Aniversary, Gift Ulang Tahun, Gift Kenang-kenangan, ada juga untuk Gift Souvenir Wisuda. Produk lampu ini kita menjualnya dengan harga Rp.35.000,00 itu harga dari kita jika anda membeli 1 lampu, namun kalo ada orang yang membeli 4 buah, kita juga memberikan discount uang cash back Rp.20.000,00 atau membeli lampu dengan harga @ Rp.30,000,00 itu belaku kelipatan, kalo cuman beli 6 buah saja, yang 4 lampu dengan harga @Rp.30,000,00 dan 2 lampu sisanya dengan harga @Rp.35.000,00. Cara tersebut memaju orang untuk membeli lampu SWEET GLASS dengan kelipatan 4 lampu.
     Naah ini dia produk lampu SWEET GLASS yang kita produksi mulai sejak aku semester 7 itu sekitar tahun 2012 awal bulan September.sampai sekaran kita juga masih menerima pemesanan lampu SWEET GLASS.












      Lampu SWEET GLASS ini masih diproduksi hingga sekarang, jika ada pembaca yang berminat untuk memesan kami siap membuatkannya sesuai pesanan. Kalo pengen pasang "Foto atau Tulisan" gitu, tolong dikirmkan fotonya yang berkualitas baik. jadi jika saat dicetak nantinya tidak akan pecah. Minimal size 1,5MB per Foto atau gambarnya.
    Jika para pembaca blog ini ingin memesanya bisa hubungi langsung dari produsen Homemade: Satria WA/LINE 085641077718 PIN BB 741FBD35. Harga lampu Rp.40.000,00 untuk per lampunya, kalo pengen dapet murah yah pesanya 4 buah lampu. Karena untuk alat cetaknya 1kali cetak untuk 4 gambar, Karena setiap percetakan, harga dibebankan oleh pembeli. Berkelipatan 4 akan lebih mudah mencetaknya dan biaya cetak jauh lebih murah.
       Ini iklannya Yang mau bikin hadiah spesial untuk yang tersayang, buat kado Hari ulang tahun ataupun hari jadi serta souvenir. Silahkan aja dipesan langsung aja, bisa cetak foto berdua, dan bisa cetak tulisan. Pesanan gambar bisa request, dengan mengirimkan file foto kepada kami. Jika berminat, hubungi kami di 085641077718. Buka Hari kerja Senin-Jumat, Pukul: 08.00 - 16.00wib. Kami bertempat di Kota Semarang.
Berniaga

Toko Bagus

Bingung Cari Pekerjaan??

Arti : Satria Pinandita



1 komentar:

Venial Noer Rachma P mengatakan...

Maaf, apakah masih menjual lampu hias? Minimal pembelian berapa ya? Terimakasih