Latar Belakang
Sangat banyaknya jumlah mahasiswa yang akan menjadi wisudawan hampir setiap per
angkatan wisuda kurang lebih 1.000 wisudawan mulai jenjang S1-S3. Pastilah
banyak diantara mereka yang membutuhkan souvenir khas almamater. Apalagi dari
mereka juga tidak banyak yang memiliki organisasi intra maupun ekstra kampus.
Sehingga kesulitan dalam mendapatkan souvenir khas almamater. Menururt survei
yang telah kami lakukan di daerah Semarang biasanya di tempat - tempat wisuda
yang dijual belikan di kawasan parkiran gedung wisuda banyak dijumpai para
penjual yang hanya menyediakan bunga, foto keluarga dan jajanan makanan ataupun
minuman. Sehingga kami menyimpulkan belum ada para penjual yang memasarkan
souvenir kenang – kenangan untuk keluarga wisudawan. Souvenir wisuda ini
terdapat logo almamater dan bertuliskan ”WISUDA”. Oleh sebab itu sebagai salah
satu kebanggan terhadap almamaternya adalah sebagai media promosi bagi
almamater ketika souvenirnya di bawa para alalmamaternya yang tersebar di
seluruh Indonesia. Selain itu juga untuk
memperkenalkan nama almamater kepada masyarakat luas.
Dalam kesempatan ini kami mencoba untuk menyediakan
atribut khas almamater yang kreatif dan inovatif dalam memenuhi kebutuhan wisudawan
untuk kenang-kenangan wisuda, souvenir ini telah kami pasarkan dikawasan area
parkir gedung wisuda. Souvenir yang kami jualkan di tempat parkiran gedung
wisuda berupa Souvenir Payung Wisuda. Bisnis Souvenir payung ini telah berjalan
sejak awal bulan Januari 2012 hingga sekarang.
1.
Target
Konsumen
Mengidentifikasi
dan menemukan
target market ideal merupakan proses dari sebuah bisnis.
Menemukan target market atau customer yang pas merupakan langkah penting dalam
perjalanan sebuah bisnis.
Target konsumen dalam penjualan produk souvenir payung
wisuda ini adalah orang tua atau keluarga wisudawan yang sedang menungu di area
parkir gedung wisuda. Souvenir yang kami jual sekarang telah kami pasarkan di 4
universitas yang terletak di daerah Semarang. Universitas yang ditargetkan kami
seleksi yang memiliki potensi jumlah wisudawan terbanyak di setiap periodenya.
Penentuan banyak atau tidaknya wisudawan kami lakukan survey melalui website
dengan melihat jumlah alumni yang lulus di setiap periode wisuda.
Setelah teridentifikasi target market maka kami dalam
pemasaran membutuhkan pesan yang bisa menjangkau target market saat
memperkenalkan identitas souvenir payung wisuda. Pesan tersebut biasanya kami
utarakan dengan lisan “Mari ibu bapak souvenir payung wisudanya, buat kenang
kenangan wisuda”, “Payungnya ibu ada tulisan wisuda dan logo universitasnya
silahkan dibeli”. Payung wisuda dijual pada hari wisuda fakultas dan hari
wisuda universitas.
Ini dia Produk Payung Wisudanya Meriah Warna Warni
Berikut ini adalah Dokumentasi selama berwirausaha berawal sejak Januari 2012. Untuk Foto Periode Januari tidak ada karena gak sempet foto2 dikarenakan hujan lebat di TKP penjualan Payung.
- Periode UNDIP 2 Mei 2012
Waah SPG & SPB nya cantik & Cakep, Teman Teman dari Kedokteran UNIMUS
Waah SPG & SPB nya cantik & Cakep, Teman Teman dari Kedokteran UNIMUS
Waah SPG & SPB nya cantik & Cakep, Teman Teman dari Kedokteran UNIMUS
Waah SPG & SPB nya cantik & Cakep, Teman Teman dari Kedokteran UNIMUS
Pasangan Serasi Niiih...Cihiiir...
Waah SPG & SPB nya cantik & Cakep, Teman Teman dari Kedokteran UNIMUS
- Periode UNDIP 18 Juli 2012
Waah SPG & SPB nya cantik & Cakep, Teman Teman dari Ekonomi UNTAG
Waah SPG nya cantik, Teman Teman dari Psikolog UNISULA
Waah SPG nya cantik, Teman Teman dari Psikolog UNISULA
- Periode POLINES SEMARANG 29 September 2012
Owner Wirausaha Payung Wisuda
Walaupun Owner Tetap ikut Eksis Jadi SPB (Sales Promotion Boy) tetap Turun ke Lapangan
SPB Mas Dhian Riyadi Anak UDINUS Teknik ELektro
SPB Catur Trimunandar Anak BU UDINUS Teknik ELektro
Teman-Teman SPG dan SPB dari UDINUS
Waktunya Istirahat Ngiyup Dulu
- Periode UNNES SEMARANG 16-17 Oktober 2012
SPG dan SPB Teman Teman dari UDINUS dan Turis dari Malaysia Taufik (Berbaju Hitam)
SPG dan SPB Teman Teman dari UDINUS dan Turis dari Malaysia Taufik (Berbaju Hitam)
SPG dan SPB Teman Teman dari UDINUS
SPG dan SPB Teman Teman dari UDINUS
SPG dan SPB Teman Teman dari UDINUS
SPG dan SPB Teman Teman dari UDINUS
- Periode UDINUS SEMARANG 27 Maret 2013
Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari UDINUS dan USM
Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari US
M
Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari USM
- Periode UNNES SEMARANG 9 April 2013
Waah Sicantik Farah SPG Payung, Teman dari UDINUS
Waah Sicantik Tira SPG Payung, Teman dari UDINUS
Waah Sicantik Farah SPG Payung, Teman dari UDINUS
Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari UDINUS

Habis Ujan Tetap Eksis Jualan Payung Souvenir Wisuda
Asik Aku Dikasih bunga dari SPG hehe...
Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari USM
Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari USM
Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari UNNES & UDINUS

Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari USM
Motivasi
saya (Satria Pinandita) dan adik saya (Devita Diatri), kepingin beli
Tablet SAMSUNG. Minta Orang Tua, cuman dikasih 2,5 Juta rupiah, padahal
harga barunya itu 4,5 Juta rupiah. Saya berkata kepada Bapak saya
(Sumantri), Lhoo pak kok cuman 2,5 Juta?? kan tablet harganya 4,5 juta
pak, kurang duitte.. dan Bapak saya berkata: Tak kasih Modal 2,5 juta,
terserah kamu mau bisnis apa saja, seng penting duit iku bisa berputar
dan keuntungane kamu kumpulin buat beli tablet. Selain dapat keuntungan
yoo kudu iso balik modal. Wes kono rembukan karo adikmu.Pesan dari Bapak yang selalu tercatat dalam memoriku.
Naah dari tantangan menjadi Kesuksesan
Saya
diberi tantangan dari Bapak saya, yang pertama saya lakukan yaitu
menentukan produk apa yang paling gampang laku dan laris manis, kemudian
survey penjualan produk mana yang lagi in, tidak lupa survey harga. Itu
adalah langkah pertmaku dan adik saya, memulai sebuah bisnis wirausaha
souvenir wisuda. Karena Wisuda itu waktunya singkat, dan bersifat
musiman. Sehingga bisa disambi kuliah juga.
Membuka LOWKER untuk membangun bisnis menjadi lancar dan sukses
Kalo
untuk jualan souvenir sendiri, sepertinya tidak mampu, karena souvenir
berjumlah banyak, jika membuka stan saja sepertinya persentase terjual
20% dari luasan area wisuda. Terpikirkan untuk membuka Lowongan menjadi
SPG dan SPB. Brarti harus berpikir, gimana caranya memberikan gaji
kepada pekerja kita. Bagaimana kita bisa memastikan bahwa bisnis kita
relevan, karena biasanya mebuka lowker yang selalu ditanyaka adalah
berapa gajinya? Berapa lam kerjanya? Sistem Kerjanya bagaimana? Nah itu
semua saya pelajari dengan cara mencari artikel atau buku-buku bisnis
plan, dan saya tertarik tentang strategi pemasaran Hutan Rimba nah itu
saya apliksikan hingga sekarang. Mau tau apa itu Strategi Pemasaran
Hutan Rimba?? Anda bisa cari di google dulu, kalo gak paham bisa
konsultasi tanya pada saya. Lihat Contact Person di profil saya yah...
Hasil dari Tantangan sekarang Bisa Mewujudkan Cita-Cita
Sekarang sudah bisa beli Tablet SAMSUNG dapet 2 lagi, Hitam dan Putih, dan masih punya modal yang sedang berjalan berupa payung sejumlah 473 buah payung yang siap di jual kan dengan menunggu musim wisuda tiba sekitar bulan Maret - April 2014. Segera panen lagi niih, asiik...
2 buah Tablet SAMSUNG hasil jerih Payah sejak Januari 2012 sampai Sekarang Maret 2014
SALAM BERWIRAUSAHA
KALAU BISA SUKSES MUDA, KENAPA HARUS NUNGGU WISUDA ???
Kegagalan adalah Pemicu rasa keingin tahuan dan merasa tidak puas,
Puaskanlah diri anda sehingga menjadi orang yang SUKSES.
Anda adalah Tergolong Orang yang Selangkah Lebih Maju Dari Teman Anda
Silahkan download Mekanisme Kerja dan Gaji, klik link download berikut ini:
Berikut ini adalah cara tutorial mendownload, jika anda tidak paham download melalui 4shared. Perhatikan setiap langkah-langkahnya:
Terima kasih telah berpartisipasi untuk download.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar