Kamis, 06 Maret 2014

Wirausaha Souvenir Payung Wisuda Sejak Januari 2012

 Latar Belakang 
Sangat banyaknya jumlah mahasiswa  yang akan menjadi wisudawan hampir setiap per angkatan wisuda kurang lebih 1.000 wisudawan mulai jenjang S1-S3. Pastilah banyak diantara mereka yang membutuhkan souvenir khas almamater. Apalagi dari mereka juga tidak banyak yang memiliki organisasi intra maupun ekstra kampus. Sehingga kesulitan dalam mendapatkan souvenir khas almamater. Menururt survei yang telah kami lakukan di daerah Semarang biasanya di tempat - tempat wisuda yang dijual belikan di kawasan parkiran gedung wisuda banyak dijumpai para penjual yang hanya menyediakan bunga, foto keluarga dan jajanan makanan ataupun minuman. Sehingga kami menyimpulkan belum ada para penjual yang memasarkan souvenir kenang – kenangan untuk keluarga wisudawan. Souvenir wisuda ini terdapat logo almamater dan bertuliskan ”WISUDA”. Oleh sebab itu sebagai salah satu kebanggan terhadap almamaternya adalah sebagai media promosi bagi almamater ketika souvenirnya di bawa para alalmamaternya yang tersebar di seluruh  Indonesia. Selain itu juga untuk memperkenalkan nama almamater kepada masyarakat luas.
Dalam kesempatan ini kami mencoba untuk menyediakan atribut khas almamater yang kreatif dan inovatif dalam memenuhi kebutuhan wisudawan untuk kenang-kenangan wisuda, souvenir ini telah kami pasarkan dikawasan area parkir gedung wisuda. Souvenir yang kami jualkan di tempat parkiran gedung wisuda berupa Souvenir Payung Wisuda. Bisnis Souvenir payung ini telah berjalan sejak awal bulan Januari 2012 hingga sekarang.
1.      Target Konsumen
Mengidentifikasi dan menemukan target market ideal merupakan proses dari sebuah bisnis. Menemukan target market atau customer yang pas merupakan langkah penting dalam perjalanan sebuah bisnis.

Target konsumen dalam penjualan produk souvenir payung wisuda ini adalah orang tua atau keluarga wisudawan yang sedang menungu di area parkir gedung wisuda. Souvenir yang kami jual sekarang telah kami pasarkan di 4 universitas yang terletak di daerah Semarang. Universitas yang ditargetkan kami seleksi yang memiliki potensi jumlah wisudawan terbanyak di setiap periodenya. Penentuan banyak atau tidaknya wisudawan kami lakukan survey melalui website dengan melihat jumlah alumni yang lulus di setiap periode wisuda. 


Setelah  teridentifikasi target market maka kami dalam pemasaran membutuhkan pesan yang bisa menjangkau target market saat memperkenalkan identitas souvenir payung wisuda. Pesan tersebut biasanya kami utarakan dengan lisan “Mari ibu bapak souvenir payung wisudanya, buat kenang kenangan wisuda”, “Payungnya ibu ada tulisan wisuda dan logo universitasnya silahkan dibeli”. Payung wisuda dijual pada hari wisuda fakultas dan hari wisuda universitas.

 Ini dia Produk Payung Wisudanya Meriah Warna Warni

Berikut ini adalah Dokumentasi selama berwirausaha berawal sejak Januari 2012. Untuk Foto Periode Januari tidak ada karena gak sempet foto2 dikarenakan hujan lebat di TKP penjualan Payung.


  • Periode UNDIP 2 Mei 2012
 Waah SPG & SPB nya cantik & Cakep, Teman Teman dari Kedokteran UNIMUS
 Waah SPG & SPB nya cantik & Cakep, Teman Teman dari Kedokteran UNIMUS

 Waah SPG & SPB nya cantik & Cakep, Teman Teman dari Kedokteran UNIMUS

 Waah SPG & SPB nya cantik & Cakep, Teman Teman dari Kedokteran UNIMUS
Pasangan Serasi Niiih...Cihiiir...
 Waah SPG & SPB nya cantik & Cakep, Teman Teman dari Kedokteran UNIMUS
  • Periode UNDIP 18 Juli 2012

 Waah SPG & SPB nya cantik & Cakep, Teman Teman dari Ekonomi UNTAG

 Waah SPG nya cantik, Teman Teman dari Psikolog UNISULA

Waah SPG nya cantik, Teman Teman dari Psikolog UNISULA

  • Periode  POLINES SEMARANG 29 September 2012


 Owner Wirausaha Payung Wisuda

Walaupun Owner Tetap ikut Eksis Jadi SPB (Sales Promotion Boy) tetap Turun ke Lapangan

SPB Mas Dhian Riyadi Anak UDINUS Teknik ELektro

SPB Catur Trimunandar Anak BU UDINUS Teknik ELektro
Teman-Teman SPG dan SPB dari UDINUS

Waktunya Istirahat Ngiyup Dulu

  • Periode UNNES SEMARANG 16-17 Oktober 2012

SPG dan SPB Teman Teman dari UDINUS dan Turis dari Malaysia Taufik (Berbaju Hitam)

SPG dan SPB Teman Teman dari UDINUS dan Turis dari Malaysia Taufik (Berbaju Hitam) 

 SPG dan SPB Teman Teman dari UDINUS

 SPG dan SPB Teman Teman dari UDINUS

 SPG dan SPB Teman Teman dari UDINUS

 
 SPG dan SPB Teman Teman dari UDINUS
  • Periode UDINUS SEMARANG 27 Maret 2013

Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari UDINUS dan USM

 Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari US

Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari USM 

  • Periode UNNES SEMARANG 9 April 2013

 Waah Sicantik Farah SPG Payung, Teman dari UDINUS 

 Waah Sicantik Tira SPG Payung, Teman dari UDINUS

 Waah Sicantik Farah SPG Payung, Teman dari UDINUS 

Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari UDINUS

Habis Ujan Tetap Eksis Jualan Payung Souvenir Wisuda

 Asik Aku Dikasih bunga dari SPG hehe...

 Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari USM

 Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari USM
  • Periode UNDIP 12 Februari 2014
Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari UNNES & UDINUS

Waah SPG nya cantik2, Teman Teman dari USM

Awal ide ini dari :
       Motivasi saya (Satria Pinandita) dan adik saya (Devita Diatri), kepingin beli Tablet SAMSUNG. Minta Orang Tua, cuman dikasih 2,5 Juta rupiah, padahal harga barunya itu 4,5 Juta rupiah. Saya berkata kepada Bapak saya (Sumantri), Lhoo pak kok cuman 2,5 Juta?? kan tablet harganya 4,5 juta pak, kurang duitte.. dan Bapak saya berkata: Tak kasih Modal 2,5 juta, terserah kamu mau bisnis apa saja, seng penting duit iku bisa berputar dan keuntungane kamu kumpulin buat beli tablet. Selain dapat keuntungan yoo kudu iso balik modal. Wes kono rembukan karo adikmu.Pesan dari Bapak yang selalu tercatat dalam memoriku.

Naah dari tantangan menjadi Kesuksesan
       Saya diberi tantangan dari Bapak saya, yang pertama saya lakukan yaitu menentukan produk apa yang paling gampang laku dan laris manis, kemudian survey penjualan produk mana yang lagi in, tidak lupa survey harga. Itu adalah langkah pertmaku dan adik saya, memulai sebuah bisnis wirausaha souvenir wisuda. Karena Wisuda itu waktunya singkat, dan bersifat musiman. Sehingga bisa disambi kuliah juga.

Membuka LOWKER untuk membangun bisnis menjadi lancar dan sukses
       Kalo untuk jualan souvenir sendiri, sepertinya tidak mampu, karena souvenir berjumlah banyak, jika membuka stan saja sepertinya persentase terjual 20% dari luasan area wisuda. Terpikirkan untuk membuka Lowongan menjadi SPG dan SPB. Brarti harus berpikir, gimana caranya memberikan gaji kepada pekerja kita. Bagaimana kita bisa memastikan bahwa bisnis kita relevan, karena biasanya mebuka lowker yang selalu ditanyaka adalah berapa gajinya? Berapa lam kerjanya? Sistem Kerjanya bagaimana? Nah itu semua saya pelajari dengan cara mencari artikel atau buku-buku bisnis plan, dan saya tertarik tentang strategi pemasaran Hutan Rimba nah itu saya apliksikan hingga sekarang. Mau tau apa itu Strategi Pemasaran Hutan Rimba?? Anda bisa cari di google dulu, kalo gak paham bisa konsultasi tanya pada saya. Lihat Contact Person di profil saya yah...

Hasil dari Tantangan sekarang Bisa Mewujudkan Cita-Cita
 Sekarang sudah bisa beli Tablet SAMSUNG dapet 2 lagi, Hitam dan Putih, dan masih punya modal yang sedang berjalan berupa payung sejumlah 473 buah payung yang siap di jual kan dengan menunggu musim wisuda tiba sekitar bulan Maret - April 2014. Segera panen lagi niih, asiik...
 2 buah Tablet SAMSUNG hasil jerih Payah sejak Januari 2012 sampai Sekarang Maret 2014

SALAM BERWIRAUSAHA
KALAU BISA SUKSES MUDA, KENAPA HARUS NUNGGU WISUDA ???
Kegagalan adalah Pemicu rasa keingin tahuan dan merasa tidak puas, 
Puaskanlah diri anda sehingga menjadi orang yang SUKSES. 
Anda adalah Tergolong Orang yang Selangkah Lebih Maju Dari Teman Anda 

Silahkan download Mekanisme Kerja dan Gaji, klik link download berikut ini:
http://www.4shared.com/rar/fuUffD9-ce/Mekanisme_SPG_dan_SPB.html
Berikut ini adalah cara tutorial mendownload, jika anda tidak paham download melalui 4shared. Perhatikan setiap langkah-langkahnya:



Terima kasih telah berpartisipasi untuk download.

Bingung Cari Pekerjaan??

Arti : Satria Pinandita

Souvenir Boneka Wisuda

Soal CPNS 2014

Film terheboh Hot+ 2015 

Tidak ada komentar: